Penyakit stroke

Penyakit stroke - Penyakit stroke umumnya menyerang orang lansia maupun orang stress. Istilah penyakit stroke sejauh ini menujuk kepada kejadian lumpuhnya sebagian anggota badan atau mati sebelah . selama ini seseorang disebut berisiko terkena penyakit stroke apabila tekanan darahnya sangat tinggi. Sesungguhnya penyakit stroke terjadi lantaran pembuluh darah yang mengirimkan darah dari jantung ke otak terganggu/tersumbat atau mengalami atherosclerosis parah.

stroke


Karena darah segar yang mengandung banyak oksigen dan kaya nutrisi dari jantung tidak dapat dipompakan keotak, maka sejumlah sel otak yang mengendalikan anggota tubuh menjadi mati , sehingga tidak dapat mengirimkan perintah-perintah gerak lagi. Akibatnya, sebagian anggota tubuh menjadi lumpuh atau tidak dapat digerakkan lagi. Itulah bahaya penyakit stroke

Penyakit stroke juga dapat disebut secara singkat sebagai  berkurangnya suplai oksigen atau darah ke otak.Penyakit stroke membuat otak tidak bisa berfungsi dengan baik jika kekurangan oksigen, termasuk komunikasi otak dengan bagian-bagian tubuh lainnya.

Penyebab penyakit stroke ini antara lain karena tekanan darah tinggi, gula darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Penderita penyakit stroke biasanya jika kronis akan mengakibatkan kematian namun jika si penderita penyakit stroke tetap bertahan maka akan terjadi beberapa resiko seperti kelumpuhan, kehilangan sebagian ingatan dan kemampuaan bicaranya.

Macam jenis penyakit stroke :

  • Penyakit Stroke iskemik (tersumbatnya pembuluh darah)
  • Penyakit Stroke hemoragik (pecahnya pembuluh darah otak).

Pada stroke iskemik ini aliran darah ke otak terhenti karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis) atau menyumbatnya pembuluh darah ke otak karena pembekuan darah.  Penyumbatan penyakit stroke bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Itulah yang menyebabkan penyakit stroke.

Penyakit Stroke iskemik tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. 80% penyakit stroke adalah penyakit stroke Iskemik.

Penyakit Stroke iskemik ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
  • Penyakit Stroke Trombotik : proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan.
  • Penyakit Stroke Embolik : Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah.
  • Hipoperfusion Sistemik : Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung.

Penyakit Stroke hemoragik adalah penyakit stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus penyakit stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi.
Penyakit Stroke hemoragik ada 2 jenis, yaitu:
1. Penyakit Stroke Hemoragik Intraserebral: pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak.
2. Penyakit stroke Hemoragik Subaraknoid: pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak).
Gejala Penyakit stroke :
Gejala penyakit stroke merupakan gejala yang ditimbulkan seseorang yang terkena penyakit stroke. Gejala penyakit stroke biasanya pada penderita satu sama lain agak berbeda . berikut gejala penyakit stroke :
  • Hilangnya rasa atau adanya sensasi abnormal pada lengan atau tungkai
  • Kelemahan atau kelumpuhan lengan atau tungkai atau salah satu sisi tubuh
  • Hilangnya sebagian penglihatan atau pendengaran
  • Bicara tidak jelas (rero)
  • Sulit memikirkan atau mengucapkan kata-kata yang tepat
  • Tidak mampu mengenali bagian dari tubuh
  • Pergerakan yang tidak biasa
  • Hilangnya pengendalian terhadap kandung kemih
WHO mendefinisikan bahwa penyakit stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak dan bukan oleh yang lain dari itu.
Buah yang dapat menyembuhkan penyakit stroke ialah wortel dan manggis
Wortel yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Pilih wortel yang berwarna agak muda dan terang.
Khasiat antistroke tersebut juga ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Beta karoten merupakan pigmen paling aktif apabila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Biasanya beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus.


Sumber: http://www.youshie.com/2012/05/penyakit-stroke.html
55
Penyakit stroke 100out of 100 based on 999 ratings. 1000 user reviews.

By : Domain Blogspot
Tentang Artikel :
Penyakit stroke  umumnya menyerang orang lansia maupun orang stress. Istilah penyakit stroke sejauh ini menujuk kepada kejadian lumpuh...
Judul Penyakit stroke
Url https://domainbp.blogspot.com/2012/05/penyakit-stroke.html
Penulis Ageboy Palembang
0 komentar:

Posting Komentar