Asam lambung

Asam lambung - Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi dan sering dialami oleh banyak orang didunia. Kondisi peningkatan level asam lambung memang sangat mengganggu. Hal ini terjadi ketika pengeluaran (sekresi) asam berlebihan dalam kelenjar lambung. Asam lambung dan pepsin masih merupakan faktor agresif penyakit terkait asam lambung . Saat ini, peran infeksiHelicobacter pylori (Hp) merupakan faktor utama di samping faktor asam lambung dalam menyebabkan terjadinya tukak peptik.


Asam Lambung


Seorang individu dengan gejala asam lambung ini harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah mereka memiliki penyakit naiknya asam lambung atau gejala serangan jantung. Setelah dokter mendiagnosis seseorang dengan penyakit naiknya asam lambung, mereka harus memakai obat yang tepat untuk menangani kondisi ini dan mencegah masalah lebih lanjut.

Asam lambung sangat diperlukan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang masuk dalam tubuh tidak dapat tercerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak dapat diserap secara optimal oleh tubuh. Asam lambung dalam jumlah seimbang memang diperlukan tubuh. Tapi jika berlebihan akan menimbulkan penyakit.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan terjadi bila katup yang menghubungkan lambung ke kerongkongan tidak menutup sepenuhnya. Kondisi ini ditandai dengan nyeri atau terbakar di dada dan tenggorokan ini sangat berbahaya bagi pencernaan. Karena naiknya asam lambung membuat seseorang muntah-muntah dan kehilangan nafsu makan.

Gejala Asam Lambung
Kebanyakan dari kita yang belum sepenuhnya mengetahui gejala-gejala sakit maag mirip dengan penyakit asam lambung. Rasa Perih dalam lambung/pada ulu hati merupakan sesuatu yang sering disebut sebagai sakit maag padahal berkaitan dengan asam lambung. Kenyataannya, gejala sakit mag tersebut tidak harus terasa perih dulu. Rasa tidak nyaman pada lambung/ulu hati yang disertai dengan mual/kembung dan sering sendawa atau cepat terasa kenyang juga merupakan hal dari gejala sakit maag..

Ada banyak kasus dengan keluhan yang diduga sebagai kelainan asam lambung, akhirnya ditemukan kelainan saluran dan kantong empedu yang disebabkan radang atau infeksi (kolesistitis, kolangitis)

Pantangan bagi penderita Asam Lambung

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh seseorang penderita naiknyaasam lambung:

Ø Makanan berlemak seperti hamburger dan hotdog merupakan salah satu risiko dalam memicu kondisi yang menyakitkan.

Ø Sayuran tertentu seperti kembang kol, kubis brussel, kol, dan brokoli juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Ø Yang paling penting, hindari   kafein yang ada dalam teh, kopi, dan soda. Kafein menyebabkan sekresi asam lambung yang dapat menyebabkan masalah naiknyaasam lambung.

Pengobatan Asam lambung

untuk penyembuhan asam lambung diperlukan terapi yang sempurna yang memungkinkan eradikasi Hp secara total, serta perlu adanya penekanan asam lambung. Tanpa eradikasi Hp secara total, rekurensi masih bisa terjadi sebesar 25%. Karakteristik Hp sendiri di antaranya kemampuan untuk hidup dalam lingkungan anaerob serta tinggalnya di permukaan mukosa dan gastric pit, tetapi di bawah mukus.

Ada cara lain untuk membantu menghilangkan penyakit naiknya asam lambung yang tidak melibatkan makan, hal ini dilakukan dengan membatasi asupan makanan Anda.  Penyakit naiknya asam lambung adalah suatu kondisi yang membutuhkan perhatian. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang lebih buruk jika tanpa pengawasan. Seseorang harus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kemungkinan naiknya asam lambung

Buah atau sayur yang dapat mencegah naiknya kadar asam lambung ialah sayur bayam

serat yang cukup tinggi pada sayur bayam lah yang membuat sayuran ini bagus untuk pencernaan kita . dengan demikian , penyakit seperti sembelit, sakit jantung, penyakit stroke, masalah lambung dan persoalan mengenai tekanan darah dan pembuluh darah bisa diatasi.

Sumber: http://www.youshie.com/2012/05/asam-lambung.html
55
Asam lambung 100out of 100 based on 999 ratings. 1000 user reviews.

By : Domain Blogspot
Tentang Artikel :
Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi dan sering dialami oleh banyak orang didunia. Kondisi peningka...
Judul Asam lambung
Url https://domainbp.blogspot.com/2012/05/asam-lambung.html
Penulis Ageboy Palembang
0 komentar:

Posting Komentar